Apa itu 格助詞 (Kakujoshi)?
Artinya: partikel ini menentukan fungsi kata benda — apakah sebagai subjek, objek, tempat, alat, tujuan, asal, dan sebagainya.
Partikel dalam bahasa Jepang dibedakan ke dalam 4 bagian, tergantung dari fungsinya masing-masing. Partikel yang paling dasar dan paling sering digunakan dalam kalimat bahasa Jepang, yaitu “kakujoshi” (partikel penanda kasus).
Dalam hal ini, yang dimaksud dengan kasus adalah hubungan antara bagian kalimat, yaitu antara kata benda dan predikat. Umumnya partikel ini berada di belakang suatu kata benda, baik berupa subjek, objek, dan sebagainya.
🏮 Penjelasan
Lengkap tentang Kakujoshi (格助詞)
Kakujoshi (格助詞) adalah jenis partikel
tata bahasa Jepang (助詞) yang berfungsi untuk menandai hubungan
gramatikal antara kata benda (名詞) dengan kata lainnya dalam kalimat, seperti kata
kerja (動詞), kata sifat
(形容詞), atau klausa
lain.
Dengan kata lain, kakujoshi berperan seperti preposisi dalam bahasa
Indonesia atau Inggris, misalnya: di, ke, dari, dengan, oleh, pada, dll.
Kakujoshi menentukan fungsi sintaksis dari
kata benda, misalnya apakah kata benda itu bertindak sebagai pelaku, objek,
tempat, alat, atau tujuan dari sebuah tindakan.
Beberapa partikel termasuk dalam kelompok Kakujoshi
(格助詞) antara lain:
が、を、に、へ、で、から、まで、と、より
Setiap partikel memiliki beberapa fungsi
tergantung konteksnya.
Berikut penjelasan rincinya dalam bentuk tabel lengkap.
🧩1 — Partikel 「が」(ga)
| Partikel | Fungsi Utama | Penjelasan Lengkap dan Detail | Contoh Kalimat | Romaji | Arti Kalimat |
|---|---|---|---|---|---|
| が | Penanda subjek | Menunjukkan subjek dari kalimat, terutama saat memperkenalkan informasi baru atau menekankan pelaku tindakan. | 猫がいます。 | Neko ga imasu. | Ada seekor kucing. |
| が | Menunjukkan kemampuan atau keinginan | Biasanya digunakan dengan kata kerja potensial atau ekspresi keinginan. | 日本語がわかります。 | Nihongo ga wakarimasu. | Saya mengerti bahasa Jepang. |
| が | Penanda emosi atau keadaan alami | Menunjukkan sesuatu yang terjadi secara alami atau spontan. | 雨が降ります。 | Ame ga furimasu. | Hujan turun. |
🧩2 — Partikel 「を」(wo / o)
| Partikel | Fungsi Utama | Penjelasan Lengkap dan Detail | Contoh Kalimat | Romaji | Arti Kalimat |
|---|---|---|---|---|---|
| を | Penanda objek langsung | Menandai objek yang dikenai tindakan langsung oleh kata kerja. | パンを食べます。 | Pan o tabemasu. | Saya makan roti. |
| を | Menunjukkan lintasan atau tempat lewat | Menunjukkan tempat yang dilewati dalam pergerakan. | 公園を歩きます。 | Kōen o arukimasu. | Saya berjalan melewati taman. |
| を | Menunjukkan titik awal pergerakan | Dalam kalimat tertentu, dapat menandai tempat awal pergerakan. | 家を出ます。 | Ie o demasu. | Saya keluar dari rumah. |
🧩3 — Partikel 「に」(ni)
| Partikel | Fungsi Utama | Penjelasan Lengkap dan Detail | Contoh Kalimat | Romaji | Arti Kalimat |
|---|---|---|---|---|---|
| に | Menunjukkan arah atau tujuan | Digunakan untuk menyatakan arah atau tujuan pergerakan. | 日本に行きます。 | Nihon ni ikimasu. | Saya pergi ke Jepang. |
| に | Menunjukkan waktu tertentu | Menandakan waktu pasti terjadinya sesuatu. | 7時に起きます。 | Shichi-ji ni okimasu. | Saya bangun pada jam 7. |
| に | Menunjukkan penerima tindakan | Digunakan bersama kata kerja seperti あげる、もらう、くれる. | 先生に本をあげます。 | Sensei ni hon o agemasu. | Saya memberikan buku kepada guru. |
| に | Menunjukkan tempat keberadaan | Dengan kata kerja seperti ある・いる. | 学校にいます。 | Gakkō ni imasu. | Saya ada di sekolah. |
🧩4 — Partikel 「へ」(e)
| Partikel | Fungsi Utama | Penjelasan Lengkap dan Detail | Contoh Kalimat | Romaji | Arti Kalimat |
|---|---|---|---|---|---|
| へ | Menunjukkan arah pergerakan | Hampir sama dengan 「に」, tapi lebih menekankan arah daripada tujuan. | 日本へ行きます。 | Nihon e ikimasu. | Saya pergi menuju Jepang. |
| へ | Menunjukkan tujuan simbolis | Menunjukkan arah non-fisik seperti karier, cita-cita, atau sasaran abstrak. | 成功へ進みます。 | Seikō e susumimasu. | Saya melangkah menuju kesuksesan. |
🧩 5 — Partikel 「で」(de)
| Partikel | Fungsi Utama | Penjelasan Lengkap dan Detail | Contoh Kalimat | Romaji | Arti Kalimat |
|---|---|---|---|---|---|
| で | Menunjukkan tempat terjadinya tindakan | Tempat di mana suatu tindakan dilakukan. | 学校で勉強します。 | Gakkō de benkyō shimasu. | Saya belajar di sekolah. |
| で | Menunjukkan alat, cara, atau bahan | Menyatakan sarana, cara, atau alat yang digunakan. | バスで行きます。 | Basu de ikimasu. | Saya pergi dengan bus. |
| で | Menunjukkan alasan atau sebab | Digunakan untuk menjelaskan penyebab suatu keadaan. | 病気で休みます。 | Byōki de yasumimasu. | Saya libur karena sakit. |
| で | Menunjukkan batas jumlah atau waktu | Menunjukkan patokan waktu atau jumlah. | 3時間で終わります。 | San-jikan de owarimasu. | Selesai dalam tiga jam. |
🧩 6 — Partikel 「から」(kara) dan 「まで」(made)
| Partikel | Fungsi Utama | Penjelasan Lengkap dan Detail | Contoh Kalimat | Romaji | Arti Kalimat |
|---|---|---|---|---|---|
| から | Menunjukkan titik awal waktu/tempat | Menandai awal waktu atau tempat dari suatu kegiatan. | 9時から働きます。 | Ku-ji kara hatarakimasu. | Saya bekerja mulai jam 9. |
| まで | Menunjukkan batas akhir waktu/tempat | Menandai batas akhir kegiatan. | 5時まで働きます。 | Go-ji made hatarakimasu. | Saya bekerja sampai jam 5. |
| から〜まで | Menunjukkan rentang waktu/tempat | Digunakan bersama untuk menunjukkan durasi atau jarak. | 東京から大阪まで行きます。 | Tōkyō kara Ōsaka made ikimasu. | Saya pergi dari Tokyo ke Osaka. |
🧩 7 — Partikel 「と」(to)
| Partikel | Fungsi Utama | Penjelasan Lengkap dan Detail | Contoh Kalimat | Romaji | Arti Kalimat |
|---|---|---|---|---|---|
| と | Menunjukkan “dan” untuk benda | Menggabungkan dua kata benda. | 猫と犬が好きです。 | Neko to inu ga suki desu. | Saya suka kucing dan anjing. |
| と | Menunjukkan lawan bicara atau teman melakukan kegiatan | Digunakan untuk menyebut dengan siapa tindakan dilakukan. | 友達と話します。 | Tomodachi to hanashimasu. | Saya berbicara dengan teman. |
| と | Menunjukkan kutipan langsung | Digunakan dalam kalimat dengan “berkata”, “berpikir”, dll. | 先生は「頑張って」と言いました。 | Sensei wa “ganbatte” to iimashita. | Guru berkata, “Semangatlah!” |
🧩 8 — Partikel 「へ・より・まで・から」 dan partikel tambahan pelengkap
| Partikel | Fungsi Utama | Penjelasan Lengkap dan Detail | Contoh Kalimat | Romaji | Arti Kalimat |
|---|---|---|---|---|---|
| より | Menunjukkan perbandingan | Digunakan dalam kalimat perbandingan “lebih dari”. | 東京は大阪より大きいです。 | Tōkyō wa Ōsaka yori ōkii desu. | Tokyo lebih besar dari Osaka. |
| までに | Menunjukkan batas waktu tenggat | Digunakan untuk menunjukkan batas akhir waktu melakukan sesuatu. | 明日までにレポートを出します。 | Ashita made ni repōto o dashimasu. | Saya akan mengumpulkan laporan sebelum besok. |
🧩 9 — Partikel 「へ」「で」「に」 Kombinasi Khusus
| Partikel | Fungsi Utama | Penjelasan Lengkap dan Detail | Contoh Kalimat | Romaji | Arti Kalimat |
|---|---|---|---|---|---|
| によって | Menunjukkan pelaku dalam kalimat pasif | Biasanya digunakan untuk menyatakan “oleh” (oleh seseorang). | 先生によって書かれました。 | Sensei ni yotte kakaremashita. | Ditulis oleh guru. |
| に対して | Menunjukkan arah tindakan atau sikap | Menunjukkan arah sikap terhadap seseorang/hal. | 子供に対して優しいです。 | Kodomo ni taishite yasashii desu. | Ramah terhadap anak-anak. |
| について | Menunjukkan topik pembicaraan | Sama seperti “tentang” dalam bahasa Indonesia. | 日本文化について話します。 | Nihon bunka ni tsuite hanashimasu. | Saya berbicara tentang budaya Jepang. |
🔸 Perbedaan Penting
|
Perbandingan |
Perbedaan Utama |
Contoh |
|
に vs へ |
に menekankan tujuan akhir, へ menekankan arah gerak. |
日本に行きます (tujuan: Jepang). / 日本へ行きます (arah menuju Jepang). |
|
で vs に |
で =
tempat tindakan terjadi, に = tempat keberadaan. |
学校で勉強します (belajar di sekolah). / 学校にいます (ada di sekolah). |
|
から vs より |
から lebih
umum dan lisan; より lebih formal dan tertulis. |
家から来ました / 家より来ました |
🔸 Ciri Umum Kakujoshi
- Selalu mengikuti kata benda (名詞) meishi.
- Tidak bisa berdiri sendiri.
- Menentukan struktur dan makna kalimat Jepang.
- Berbeda dari fukujoshi (副助詞) yang menambah nuansa, bukan fungsi gramatikal.
🎓 Kesimpulan
| Kelompok | Partikel | Makna Umum | Catatan Penggunaan |
|---|---|---|---|
| Subjek | が | yang melakukan | Fokus informasi baru |
| Objek | を | yang dikenai tindakan | Digunakan pada kata kerja transitif |
| Tempat / Tujuan | に・へ・で | di / ke / dengan | Membedakan tempat keberadaan dan tempat aktivitas |
| Asal / Batas | から・まで・より | dari / sampai / dibanding | Sering dipakai bersama untuk menandai rentang |
| Hubungan | と | dengan / dan / bahwa | Untuk kutipan, pertemanan, dan daftar benda |